ACM
ACM(Association
for Computing Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah
serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama didunia yang didirikan pada
tahun 1947 SIG dan ACM, mensponsori konferensi yang bertujuan untuk
memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu. Tidak hanya mensponsori
konferensi ,ACM juga pernah mensponsori pertandingan catur antara Garry
Kasparov dan computer IBM DeepBlue.
ACM
telah menciptakan sebuah perpustakaan digital dimana ia telah membuat seluruh
publikasi yang tersedia .ACM perpustakaan digital merupakan koleksi terbesar
didunia informasi mengenai mesin komputasi dan berisi arsip jurnal ,majalah
,prosiding konferensi online,danisu-isu terkini ACM publikasi. Layanan online
termasuk forum yang disebut Ubiquity dan TechNews mencerna,baik yang berisi
informasi terbaru tentang dunia IT.
Pesaing
utama ACM adalah IEEE Computer Society. Perbedaan antara ACM dan IEEE adalah,
ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna akhir, sementara
IEEE lebih memfokuskan pada masalah-masalah hardware dan standardisasi. Cara
lain untuk menyatakan perbedaan yaitu ACM adalah ilmuwan komputer dan IEEE
adalah untuk insinyur listrik, meskipun subkelompok terbesar adalah IEEE
Computer Society.
ACM
memiliki empat "Boards" yaitu:
1. Publikasi
2. SIG Governing Board,
3. pendidikan, dan
4. Badan Layanan Keanggotaan
IEEE
IEEE
(Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi
profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang
mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang
mempercepat teknologi- teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan
rekayasa (engineering),yang mencakup
telekomunikasi,jaringankomputer,kelistrikan, antariksa, danelektronika.
Tujuan
inti IEEE adalah mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan
kemanusiaan.
Visi
IEEE adalah akan menjadi penting untuk masyarakat teknis global dan
professional teknis dimana-mana dan dikenal secara universal untuk kontribusi
teknologi dan teknis yang professional dalam meningkatkan kondisi perkembangan
global.
Standar
dalam IEEE adalah mengatur fungsi ,kemampuan dan interoperabilitas dari
berbagai macam produk dan layanan yang mengubah cara orang hidup, bekerja dan
berkomunikasi.
Proses
pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:
1. Mengamankan Sponsor,
2. Meminta Otorisasi Proyek,
3. Perakitan Kelompok Kerja,
4. Penyusunan Standard,
5. Pemungutan suara,
6. Review Komite,
7. Final Vote.
Pada
tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurus standarisasi
LAN(LocalAreaNetwork) danMAN(MetropolitanAreaNetwork). Bagian ini kemudian
dinamakan sebagai 802. Angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan
dibentuknya kelompok kerja ini. Ada beberapa unit kerja dengan bidang yang
mereka tangani diantaranya:
IEEE
Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE
Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE
Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
Chapter
Masyarakat Komunikasi (Communications Society Chapter).
Chapter
Masyarakat Sistim dan Sirkuit (Circuits and Systems Society Chapter).
Chapter
Teknologi Bidang Kesehatan dan Biologi (Engineering in Medicine and Biology
Chapter).
Chapter
Gabungan untuk Masyarakat Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron, Masyarakat
Elektronik Listrik, dan Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of Education
Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal Processing
Society).
Chapter
Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter MTT/AP-S)
Perbandingan ACM dan IEEE Computer
Society
1.
ACM
• berfokus pada ilmu komputer teoritis
dan aplikasi pengguna akhir
• ACM adalah ilmuwan computer
2.
IEEE
• lebih memfokuskan pada masalah-masalah
hardware dan standardisasi
• IEEE adalah untuk insinyur listrik
Meskipun
subkelompok terbesar adalah IEEE Computer Society, tentu saja ada tumpang
tindih yang signifikan antara kedua organisasi, dan mereka kadang-kadang
bekerjasama dalam proyek-proyek seperti pengembangan kurikulumilmu computer.
Standar Profesi di Indonesia dan
Regional
Berdasarkan
perkembangan Teknologi Informasi secara umum, serta kebutuhan di Indonesia
serta dalam upaya mempersiapkan diri untuk era perdagangan global. Beberapa usulan
dituangkan dalam bab ini. Usulan-usulan tersebut disejajarkan dengan kegiatan
SRIG-PS (SEARCC), dan IPKIN selaku perhimpunan masyarakat komputer dan
informatika di Indonesia. Juga tak terlepas dari agenda pemerinta melalui
Departemen terkait.
Langkah-langkah
yang diusulan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Penyusunan kode etik profesional Teknologi
Informasi
2. Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job)
Teknologi Informasi di Indonesia
3. Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk
profesional TI
4. Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat
Pelatihan dalam upaya Pengembangan Profesi
5. Penerapan mekanisme re-sertifikasi
Promosi Standard Profesi Teknologi
Informasi
Beberapa
rencana kegiatan SRIG-PS pada masa mendatang dalam upaya memasyarakatkan model
standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
1. Distribusi dari manual SRIG-PS di
SEARCC"96 di Bangkok.pada bulan Juli 1996
2. Promosi secara ekstensif oleh para anggota
dari 1996-1997
3. Presentasi tiap negara yang telah
benar-benar mengimplementasikan standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada
SEARCC'97 di New Delhi. Ini merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.
Rencana strategis dan operasional untuk
mempromosikan implementasi dari rekomendasi SRIG-PS di negara-negara anggota
SEARCC.
Pembentukan Standar Profesi Teknologi
Informasi di Indonesia
Dalam
memformulasikan standard untuk Indonesia, suatu workshop sebaiknya
diselenggarakan oleh IPKIN. Partisipan workshop tersebut adalah orang-orang
dari industri, pendidikan, dan pemerintah. Workshop ini diharapkan bisa
memformulasikan deskripsi pekerjaan dari klasifikasi pekerjaan yang belum
dicakup oleh model SRIG-PS, misalnya operator. Terlebih lagi, workshop tersebut
akan menyesuaikan model SRIG-PS dengan kondisi Indonesia dan menghasilkan model
standard untuk Indonesia. Klasifikasi pekerjaan dan deskripsi pekerjaan ini
harus diperluas dan menjadi standard kompetensi untuk profesioanal dalam
Teknologi Informasi.
Persetujuan
dan pengakuan dari pemerintah adalah hal penting dalam pengimplementasian
standard di Indonesia. Dengan demikian, setelah standard kompetensi
diformulasikan, standard tersebut dapat diajukan kepada kepada Pemerintah
melalui Menteri Tenaga Kerja. Selain itu standard tersebut juga sebaiknya harus
diajukan kepada Menteri Pendidikan dengan tujuan membantu pembentukan kurikulum
Pendidikan Teknologi Informasi di Indonesia dan untuk menciptakan pemahaman
dalam pengembangan model sertifikasi.
Untuk
melengkapi standardisasi, IPKIN sudah perlu menetapkan Kode Etik untuk Profesi
Teknologi Informasi. Kode Etik IPKIN akan dikembangkan dengan mengacu pada Kode
Etik SEARCC dan menambahkan pertimbangan-pertimbangan yang sesuai dengan
kondisi di Indonesia.
Selanjutnya,
mekanisme sertifikasi harus dikembangkan untuk mengimplementasikan standard
kompetensi ini. Beberapa cara pendekatan dari negara lain harus
dipertimbangkan. Dengan demikian, adalah penting untuk mengumpulkan mekanisme
standard dari negara-negara lain sebelum mengembangkan mekanisme sertifikasi di
Indonesia.
Jenis - Jenis Profesi di Bidang IT &
Deskripsi Kerja
a) IT Support Officer
memiliki kualifikasi diantaranya ialah D3 / S1 bidang Ilmu Komputer, Mahir
Windows System, Linux System, Networking, Troubleshooting, mampu bekerja dalam
individu / tim, memiliki motivasi kerja yang tinggi, energik, dan kreatif, ulet
dan pekerja keras, Bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
Job Description :
Menguasai
bahasa pemrograman AS/400 atau IT product development dan networking komunikasi
data atau metodologi pengembangan aplikasi (SDLC, waterfall) dan project
management. Sedangkan tanggung jawabnya ialah menerima, memprioritaskan dan
menyelesaikan permintaan bantuan IT. Membeli hardware IT, software dan hal-hal
lain yang berhubungan dengan hal tersebut. Instalasi, perawatan dan penyediaan
dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh,
peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll. Korespondensi
dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia
jasa Email, hardware, dan software supplier, dll. Mengatur penawaran harga
barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan
IT. Menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department
regular
b) Network Administrator,
kualifikasinya ialah D3 / S1 bidang Ilmu Komputer. Usia 25-30 tahun. Pengalaman
di bidang IT Network / Network Administrator 2-3 tahun. Memahami LAN, WAN,
Mailserver, PDC/BDC, Linux / Free BSD. Menguasai Linux Redora Server. Menguasai
secara mendalam win2000 administration tool. Mengikuti perkembangan TI terkini.
Memiliki motivasi kerja yang tinggi, energik, dan kreatif. Mampu berbahasa
inggris aktif, lisan maupun tulisan.
Job Description :
Tugas
dan tanggung jawab antara lain maintain dan perawatan jaringan LAN. Archive
data. Maintain dan perawatan computer
c) Delphi Programmer,
kualifikasi untuk profesi ini adalah S1 Teknologi Informasi. Usia 22-26 tahun.
Mampu berbahasa inggris aktif, lisan maupun tulisan. Mengerti dan memahami SQL
Command, Oracle database, MySQL dan MSSQL Server. Mempunyai karakter dan
attitude yang baik. Mampu bekerja dengan supervisi yang minim. Mampu bekerja
dalam Tim. GPA min. 2,75. Pengalaman 0-2 tahun.
Job Description:
Tanggung
jawab dari pekerjaan ini yaitu menguasai bahasa pemrograman Borland Delphi.
Berpengalaman dalam database programming. Mengerti multi tier programming dan
object oriented programming
d) Network Engineer,
kualifikasinya ialah S1 bidang Informatika. Pengalaman kerja sebagai Network
Engineer. Memiliki sertifikasi setara Network Engineer (CCNA). Menguasai dan
wajib berpengalaman minimal 1 tahun mengelola LAN. Mengerti hardware (PC,
Printer, Hub, dll). Menguasai MS Windows, Linux dan Office. Menguasai PC Remote
misal PC Anywhere atau lainnya.
Job Description :
Menguasai
database (SQL Server) merupakan nilai tambah, sedangkan untuk tugas dan
tanggung jawab adalah Maintenance LAN dan Koneksi Internet. Maintenance
hardware. Maintenance database dan file. Help Desk. Inventory.
e) IT Programmer
memiliki kualifikasi, Lulusan S1 Teknologi Informasi. Menguasai PHP, Java, OOP,
MySQL, VB. NET/C#, C++. Pengalaman min 2 tahun. Mampu berbahasa inggris aktif,
lisan maupun tulisan. Usia 20-30 tahun. Mampu melakukan Presentasi. Dapat
bekerja dalam Tim.
Job Description :
Tanggung
jawab pada profesi ini adalah ambil bagian dalam pengembangan dan integrasi
perangkat lunak. Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan
perangkat lunak. Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus
diselesaikan. Menyediakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk
konsumen internal maupun eksternal. Bertanggung jawab atas kepuasan terkini
pelanggan. Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang
diminta, seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana dasar perusahaan untuk
membangun kecakapan dalam portfolio pruduk IBM. Mengerjakan macam-macam tugas
terkait seperti yang diberikan Membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan
bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan
f) System Analyst
memiliki kualifikasi, Pendidikan min S1. Pengalaman di bidangnya min 3 tahun.
Usia maksimal 40 tahun. Mahir membuat software database windows / web sesuai
kebutuhan perusahaan, pengolahan, dan maintenance database. Pengalaman
mendevelop Business Intelligence/Datawarehouse/OLAP adalah sustu nilai tambah.
Jujur, bertanggung jawab, cepat belajar hal-hal baru, ramah, berorientasi
customer service.
Job Description :
mampu
bekerja mandiri dengan minimal supervisi maupun sebagai tim. Menguasai
pemrograman visual windows dan web, programming (NET, VB, Delphi, PowerBuilder,
Clarion, dll) dan konsep RDBMS (SQL Server/Oracle/MySQL/ASA, dll)
g) Web Designer
orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis
dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
Job description :
1.
Membuat design layout dan user interface dari
website baik secara umum maupun
spesifik untuk fitur-fitur tertentu
2.
Membuat design website element yang digunakan
sebagai resource UI dari website
3.
Bertugas melakukan konversi desain dari
format gambar menjadi halaman website siap pakai dalam format HTML, XHTML atau
format lain lengkap dengan stylesheet yang digunakan
4.
Membuat stylesheet atau CSS dari website
5.
Memelihara dan menjaga konsitensi desain
interface dari website untuk beberapa browser yang berbeda
h) Systems Engineer
Job Description :
menyediakan
rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap
permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis
ke pelanggan dan IT administrator.
i) ERP Consultant
Job Description :
memberikan
nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi ERP, dan harus
mempunyai beberapa pengetahuan tertentu dalam rangka memetakan proses.
j) Bussiness Development Manager
Job Description :
secara
umum mengetahui kebutuhan akan pelanggan, memiliki ketajaman yang diperlukan
dalam menopang dan menguntungkan bisnis, serta mempunyai kemampuan luas yang
mampu menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep
teknologi.
STANDAR PROFESI DI INDONESIA dan
REGIONAL
Institusi
pemerintah telah mulai melakukan klasifikasi pekerjaan dalam bidang teknologi
informasi ini. Klasifikasi pekerjaan ini telah diterapkan sejak 1992.
Bagaimanapun juga, klasifikasi pekerjaan ini masih belum dapat mengakomodasi
klasifikasi pekerjaan pada teknologi informasi. Terlebih lagi, deskripsi
pekerjaan setiap klasifikasi pekerjaan masih tidak jelas dalam membedakan
setiap sel pekerjaan.
Beberapa
perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah mempunyai klasifikasi pekerjaannya
sendiri. Begitu juga dengan beberapa perusahaan swasta yang besar, telah
mengembangkan klasifikasi pekerjaan mereka sendiri juga. Belum adanya
standardisasi klasifikasi pekerjaan ini terkadang menimbulkan kesulitan bagi
para profesional TI.
Departemen
Tenaga Kerja berkeinginan untuk mengeluarkan standard kompetensi untuk
teknologi informasi. IPKIN diharapkan memberikan sumbangan untuk formulasi
standard kompetensi pada Teknologi Informasi. Dengan mengacu ke model regional
(model SRIG-PS), standard kompetensi yang akan diterapkan di Indonesia akan
mudah dapat diterima dan disetarakan di negara-negara lain di region ini.
Bagaimanapun juga, suatu persetujuan bilateral harus dicapai antara Pemerintah
kedua negara.
Sumber:
0 komentar:
Post a Comment
tolong keritikan dan sarannya yaa :)